Tips Sukses Menjalankan Bisnis Ayam Broiler

Daging ayam menjadi salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain rasanya yang lebih enak, ternyata harganya pun juga tergolong terjangkau. Karena banyaknya permintaan yang ada di pasaran, maka menjadikan para masyarakat berlomba-lomba ingin menjalankan bisnis ayam broiler.

Karena permintaan yang terus-menerus mengalami peningkatan, maka menjadikan bisnis ayam ini mampu mendatangkan banyak keuntungan pada jumlah yang sangat fantastis sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu jenis bisnis untuk jangka panjang. Terlebih lagi untuk ayam jenis ini juga jauh lebih cepat penjualannya dibandingkan dengan ayam kampung.

Jika tertarik ingin menjalankan usaha ayam potong maka bisa menjalankan beberapa tips berikut ini:

  • Perhatikan lokasi kandang

Langkah pertama Anda harus mempersiapkan tempat untuk menampung ayam. Secara umum kandang yang digunakan yaitu kandang panggung yang melantai maupun litter. Untuk setiap kandang nya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga Anda bisa menjadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih lokasi dan jenis kandang.

  • Pemilihan bibit ayam

Bibit ayam sangat penting diperhatikan supaya bisa menghasilkan kualitas yang lebih baik. Untuk mengetahui kualitas ayam tersebut bisa dilihat dari segi bentuk tubuhnya yang lincah, bulat, anus yang bersih dan mata yang jernih. Selain itu Anda juga bisa memperhatikan dari segi bulunya yang tidak mempunyai cacat.

  • Perhatikan segi makanan

Makanan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas ayam broiler. Oleh karena itu Anda diharuskan untuk memberikan makanan yang bergizi supaya bisa menghasilkan ayam yang berkualitas. Semakin kualitas ayam potong yang Anda miliki tinggi maka untuk harga jual juga semakin tinggi.

  • Vaksinasi

Hewan ternak juga membutuhkan vaksinasi paling tidak dua kali pada satu periode pemeliharaan yaitu ketika ayam berusia 4 maupun 5 hari dan setelah ayam berusia 21 hari. Dengan pemberian vaksinasi inilah maka akan menjaga kesehatan ayam ternak Anda.

Menjalankan bisnis ternak ayam potong atau  broiler memang dapat dikatakan susah-susah gampang, karena mengingat tidak semua orang bisa menjalankan bisnis ini.  Terlebih lagi bagi Anda yang masih terlalu minim informasi seputar tata cara dalam ternak ayam potong. Dengan beberapa tips yang ada di atas maka Anda bisa menambah wawasan sebelum menjalankan bisnis ternak ayam potong.

Bisnis

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*